Cara Instal Moodle E-Learning di Web Hosting

Selamat berjumpa kembali dalam pembahasan tentang aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi elektronik atau e-learning. Pada postingan yang telah lalu telah dibahas bagaimana cara menginstal moodle e-learning secara offline yaitu dengan aplikasi XAMPP pada server lokal (localhost). Moodle e-learning yang diinstal hanya pada localhost hanya dapat diakses oleh perangkat komputer yang terhubung dengan komputer server dalam satu jaringan saja (LAN atau WIFI). Jika komputer server berada di sekolah, maka yang dapat mengakses adalah komputer yang ada di sekolah itu juga. Komputer yang ada rumah atau tempat lain yang tidak terhubung dengan server lokal tidak akan dapat mengaksesnya. Itulah salah satu kekurangan dari jaringan kabel atau WI-FI, sangat terbatas aksesnya.

Agar perangkat komputer lain yang berada jauh dari server atau dimana pun dapat mengakses atau membuka e-learning, maka perlu cara yang berbeda? Lalu bagaimanakah caranya? Nah dalam postingan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menginstal moodle e-learning agar dapat diakses perangkat lain secara luas dimana pun berada.

Apa yang dibutuhkan?

Yang dibutuhkan untuk menginstalasi Moodle E-Learning agar dapat diakses secara luas dimanapun berada dan oleh siapa pun adalah sebagai berikut :

  • Sebuah PC/Laptop yang terkoneksi dengan internet; spesifikasi PC/Laptop tidak usah terlalu mewah atau tinggi, yang penting koneksi internet lancar.
  • Web Hosting lengkap dengan domain atau sub domain; Perangkat ini mutlak harus ada, karena berfungsi sebagai gantinya lokal server (localhost), yaitu untuk menyimpan data web. Jika anda atau sekolah anda belum memiliki, silakan registrasi ke layanan penyedia hosting. Dalam kondisi pandemi seperti ini banyak sekali penyedia layanan hosting yang menawarkan hosting dengan harga terjangkau untuk keperluan pembelajaran online melalui e-learning. Silakan anda telusuri saja melalui google tentang jasa penyedia layanan hosting untuk pembelajaran.
  • Aplikasi softaculous yang ada dalam C-Panel Hosting; Aplikasi ini biasanya sudah tersedia (satu paket) dengan hosting, pada saat registrasi, jadi tidak usah membeli atau menambahkan lagi.

Bagaimanakah caranya?

Urutan langkah untuk menginstal moodle e-learning ke dalam hosting adalah sebagai berikut :

  • Login ke dalam C-Panel Hosting

  • Buatlah sub domain

Pada saat registrasi hosting pasti sudah satu paket dengan domain. Yang dimaksud dengan domain adalah alamat yang akan mengantarkan anda ke website yang anda tuju.  Contoh “wawanhar.net”. Artinya : “wawanhar” merupakan alamat website yang akan dituju, sedangkan “.net” merupakan ekstensi dari domain yang dipilih.

Domain ini sebetulnya dapat langsung kita instalasikan dengan aplikasi moodle, tetapi biasanya domain ini sudah dipakai untuk aplikasi lain dalam website, misalnya sudah dipakai untuk wordpress. Disamping itu domain ini adalah alamat utama dari website, jadi jika ingin menambahkan aplikasi lain yang melibatkan domain, maka perlu dibuatkan sub domain terlebih dahulu. Sub domain adalah bagian dari domain. Jika domain ini pada saat dibuat harus registrasi ke layanan hosting alias berbayar, tetapi jika kita membuat sub domain tidak perlu registrasi dan gratis. Sub domain letaknya ada di depan domain.

Dalam contoh kali ini kami menggunakan hosting sekolah yang kami kelola. Domain dan sub domainnya adalah sebagai berikut :

Domain = smpn4bantarbolang.sch.id

Sub domain = learning

maka jika digabungkan, alamat lengkap website untuk moodle adalah = learning.smpn4bantarbolang.sch.id

Langkah membuat sub domain adalah sebagai berikut :

    • Buka menu sub domain yang ada dalam C-Panel yang sudah kita buka pada langkah awal.

    • Isikan nama sub domain yang sudah kita rencanakan, kemudian arahkan ke domain yang akan dituju, dan klik “Create”. Lihat gambar berikut.

    • Sub domain sudah berhasil dibuat

  • Buka menu softaculous apps installer

  • Buka Menu Educational – Moodle

  • Klik “Instal Now” untuk memulai proses instalasi

  • Isikan data instalasi seperti gambar berikut ini.

  • Proses instalasi sedang berlangsung, silakan anda tunggu sampai selesai.

  • Proses instalasi selesai, dan moodle siap untuk diakses.

  • Buka web browser dan kita coba ketikkan alamat web moodle e-learning yang sudah kita buat tadi.

 

Untuk lebih jelasnya lagi, anda juga dapat melihat tayangan video tutorial berikut ini.


Demikian langkah menginstal  moodle e-learning di web hosting. Namun yang perlu diingat, meskipun e-learning sudah selesai diinstal tetapi masih kosong isinya. Insha Allah dalam postingan berikutnya akan kita lanjutkan bagaimana cara mengelola web e-learning tersebut, sehingga benar-benar siap untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar secara online.

Semoga bermanfaat… Tetap sehat…. Tetap semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *