Cara Instal Moodle E-Learning Offline

Selamat datang dan berjumpa kembali di chanel yang mendukung tentang pendidikan ini. Pada postingan kali ini, kami akan berbagi tentang bagaimana cara membuat aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan jaringan komputer di sekolah tanpa menggunakan koneksi internet. Aplikasi pembelajaran yang akan diinstal pada komputer server adalah sebuah perangkat lunak dikenal dengan nama MOODLE. Penjelasan dasar tentang manfaat moodle sebagai pendukung kegiatan E-Learning (pembelajaran yang memanfaatkan piranti elektronik seperti komputer) sudah di jelaskan dalam postingan sebelumnya.

Diagram Alur Instalasi Moodle E-Learning Offline

Urutan Langkah Instal Moodle E-Learning Offline

1. Jalankan Aplikasi XAMPP

Untuk menjalankan aplikasi XAMPP tidak kami jelaskan dalam postingan ini, karena pada postingan sebelumnya sudah pernah dijelaskan bagaimana cara menginstal aplikasi XAMPP dan bagaimana cara menjalankannya.

2. Mencopy file RAR (ZIP) Moodle ke direktori C:\xampp\htdocs

Sebelum dicopy, pastikan dulu bahwa anda sudah mempunyai file RAR Moodle, jika belum memiliki file tersebut, silakan anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui laman resmi moodle secara gratis (klik disini untuk menuju link download moodle). Sebagai catatan sebelum mendownload file moodle, anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer server anda dalam hal Operating system yang dipakai), kemudian sesuaikan dengan spesifikasi XAMPP yang digunakan.

Dalam contoh ini, kami menggunakan OS Windows 32 Bit (masih jadul) dengan XAMPP ver v3.2.2 (Server version: 10.1.31-MariaDB), maka kami pilih moodle ver 3.8.4.  Tetapi jika anda mempunyai komputer server dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan XAMPP yang dipakai juga yang terbaru, kami sarankan menggunakan moodle yang terbaru (sekarang sudah sampai pada ver 3.10). Jadi sekali lagi untuk diingat, antara moodle dengan XAMPP harus kompatibel, khususnya dalam server versionnya (MariaDB yang digunakan).

Bagi anda yang kebetulan mempunyai spesifikasi yang sama dengan kami, dapat langsung download file moodlenya disini.

 

3. Ekstrak file RAR Moodle

3. Membuat Database Moodle

Untuk membuat database moodle terlebih dahulu buka web browser (chrome, mozilla, dll), kemudian ketik alamat : http://localhost:8080/phpmyadmin/  atau http://localhost/phpmyadmin/ kemudian ikuti langkah sesuai petunjuk gambar berikut ini.

 

4. Setting PHP (php.ini) pada XAMP

  • Buka file php.ini pada xamp dengan cara klik “config” pada module “apache”, kemudian klik “PHP  (php.ini)”, lihat gambar berikut :

  • hilangkan tanda “;” (titik koma) pada “extension=intl”, kemudian simpan. lihat gambar berikut :

 

5. Setting file “my.ini” pada XAMPP

  • buka file “my.ini” pada xampp dengan cara klik “config” pada module “MySQL”. Lihat gambar berikut

  • Tambahkan (copykan) keterangan berikut ini pada posisi baris paling akhir dalam file “my.ini” yang sudah dibuka, kemudian simpan.
default-character-set = utf8
[mysqld]character_set_server=utf8
[mysql]
default-character-set = utf8

[mysqld]
innodb_file-format = Barracuda
innodb_file_per_table = 1
innodb_large_prefix

lihat gambar berikut

 

6. Seting file config yang ada pada directori C:\xampp\htdocs\moodle

buka direcgori C:\xampp\htdocs\moodle, kemudian buka file “config”. Pada dbcollation tertulis = “utf8mb4_general_ci”, hilangkan “mb4” maka menjadi “utf8_general_ci” saja. Lihat gambar berikut.

7. Proses Menginstal Moodle ke Server lokal (Localhost)

Setelah database dibuat, langkah selanjutnya adalah menginstal moodle. Urutan langkahnya adalah buka web browser kembali, dan ketik alamat : http://localhost:8080/moodle/ atau http://localhost/moodle/, dan ikuti langkah seperti gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian cara menginstal aplikasi moodle E-Learning untuk pembelajaran di sekolah. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *