Belajar Rangkaian Listrik Dasar Dengan Animasi

Siapa yang tidak kenal listrik? Sepertinya semua orang mengenal listrik, termasuk balita….. heeee. Listrik merupakan salah satu energi yang paling banyak dibutuhkan untuk hajat hidup manusia. Coba saja kalau PLN memutuskan aliran listrik 1 detik saja, maka banyak orang yang menggerutu karena sedang di tengah aktivitas dan sedang menggunakan energi listrik tiba-tiba aliran listrik putus. Itulah fakta dan realita yang ada tentang pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.
Saking pentingnya tentang peranan listrik, dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah-sekolah formal, materi pelajaran yang berkaitan dengan listrik pun diajarkan, dari mulai jenjang pendidikan sekolah dasar sampai jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Listrik dalam kurikulum pendidikan dimasukkan dalam mata pelajaran IPA (SAINS), kecuali sekolah menengah kejuruan jurusan listrik atau elektronika, pelajaran listrik sudah sangat spesifik.
Berkaitan pembelajaran tentang listrik di sekolah, akan lebih bermakna jika siswa langsung dihadapkan pada benda, dalam hal ini adalah seperangkat alat praktikum kelistrikan. Tetapi realita yang ada masih banyak sekolah yang belum memadai peralatan listrik dalam laboratorium, bahkan masih banyak sekolah yang tidak mempunyai laboratorium IPA. Jadi yang diajarkan kepada siswa kebanyakan masih secara konvensional yaitu ceramah langsung tentang listrik.
Nah…berkaitan dengan fakta dan realita tersebut, maka ada satu cara bagaimana belajar tentang listrik tanpa berada di laboratorium dan berhadapan langsung dengan bendanya, yaitu menggunakan animasi atau simulasi. Banyak simulasi atau animasi yang dapat digunakan untuk belajar tentang listrik dasar, salah satunya adalah animasi yang akan penulis sampaikan dalam kesempatan ini.
Banyak kelebihan yang didapat dari belajar melalui media animasi, diantaranya adalah tidak perlu langsung berhadapan dengan peralatan listrik, tidak perlu berada dalam ruangan laboratorium, dapat dikerjakan dimanapun, secara psikologi juga siswa dapat merasa senang, santai tapi serius. Apalagi fenomena sekarang bahwa anak kecil saja sudah sangat terampil bermain game. Nah…belajar secara animasi hampir mirip dengan main game strategi. Jadi tingkat pemahaman siswa dalam belajar listrik menggunakan animasi sangat besar daripada monoton melalui teori dan ceramah saja.
Baiklah tanpa panjang lebar lagi, silakan dapat anda klik link di bawah ini untuk dapat bermain animasi tentang kelistrikan.
Untuk tutorial cara belajar rangkaian listrik melalui animasi, silakan dapat dilihat melalui tayangan berikut
Demikian…mudah-mudahan bermanfaat untuk belajar tentang kelistrikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *