Tutorial Jarak dan Perpindahan

Jarak dan perpindahan adalah dua kuantitas yang mungkin tampaknya berarti hal yang sama belum memiliki definisi yang jelas berbeda dan makna.

  • Jarak adalah kuantitas skalar yang mengacu pada “berapa banyak tanah obyek telah mencakup” selama gerakannya.
  • Perpindahan adalah besaran vektor yang mengacu pada “seberapa jauh dari tempat sebuah benda”, yang merupakan perubahan secara keseluruhan objek dalam posisi.

Untuk menguji pemahaman Anda tentang perbedaan ini, perhatikan gerak digambarkan dalam diagram di bawah ini. Seorang guru fisika berjalan 4 meter Timur, Selatan 2 meter, 4 meter Barat, dan akhirnya 2 meter Utara.

Meskipun guru fisika telah berjalan jarak total 12 meter, perpindahan nya adalah 0 meter. Selama gerak, dia telah “ditutupi 12 meter dari tanah” (jarak = 12 m). Namun ketika dia selesai berjalan, dia tidak “tidak pada tempatnya” – yaitu, tidak ada perpindahan untuk gerakan dia (perpindahan = 0 m). Pemindahan, menjadi besaran vektor, harus memperhatikan arah. The 4 meter sebelah timur membatalkan 4 meter barat; dan 2 meter selatan membatalkan 2 meter utara. Vector jumlah seperti perpindahan adalah arah sadar. Skalar jumlah seperti jarak tidak mengetahui arah. Dalam menentukan jarak keseluruhan ditempuh oleh guru fisika, berbagai arah gerak dapat diabaikan.

Sekarang perhatikan contoh lain. Diagram di bawah menunjukkan posisi pemain ski lintas negara di berbagai kali. Pada setiap kali ditunjukkan, pemain ski berbalik dan membalikkan arah perjalanan. Dengan kata lain, pemain ski bergerak dari A B ke C ke D.
Gunakan diagram untuk menentukan perpindahan yang dihasilkan dan jarak yang ditempuh oleh pemain ski selama tiga menit. Lalu klik tombol di bawah gambar untuk melihat jawabannya.

Sebagai contoh terakhir, pertimbangkan seorang pelatih sepak bola berjalan mondar-mandir di sepanjang pinggir lapangan. Diagram di bawah menunjukkan beberapa posisi pelatih di berbagai kali. Pada setiap posisi yang ditandai, pelatih membuat “U-turn” dan bergerak ke arah yang berlawanan. Dengan kata lain, pelatih bergerak dari posisi A ke B ke C ke D.

Apakah perpindahan pelatih yang dihasilkan dan jarak perjalanan? Klik tombol untuk melihat jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *